Tuesday, January 2, 2018

VPoint Media Solusindo : Pengertian Aktiva Tetap dan Jenis-jenisnya

VPoint Media Solusindo

Pengertian Ativa Tetap dan Jenis-Jenisnya

Dalam belajar akuntansi tentunya kita sering sekali mendengar istilah aktiva tetap. Apa itu aktiva tetap? Apa saja jenis-jenis aktiva tetap? Mari kita bahas pengertian dan macam-macam aktiva serta masing-masing contohnya.
Menurut Wikipedia istilah aktiva atau yang biasa disebut "Aset" itu adalah semua hak yang dapat digunakan dalam operasi perusahaan. Untuk lebih mudahnya biasanya aktia ini diistilahkan dengan "Harta" atau "Aset". 
Sedangkan pengertian aktiva tetap dalam akuntansi menurut Wikipedia adalah aset berwujud yang dimiliki untuk digunakan dalam produksi atau penyediaan barang atau jasa, untuk direntalkan kepada pihak lain, atau untuk tujuan administratif; dan diharapkan untuk digunakan selama lebih dari satu periode. Contoh dari aktiva tetap ini misalnya bangunan, pabrik, alat-alat produksi, perlengkapan kantor, kendaraan bermotor dan lain-lain.
source : google.com

Sekarang, kita lanjutkan ke pembahasan tentang jenis-jenis aktiva tetap berdasarkan sifatnya. Aktiva tetap dibagi menjadi dua yaitu, Aktiva Tetap Berwujud dan Aktiva Tetap Tidak Berwujud.
  1. Aktiva Tetap Berwujud merupakan aktiva tetap yang memiliki bentuk fisik seperti contoh-contoh aktiva tetap yang sudah disebutkan di atas yaitu bangunan, kendaraan, perlengkapan kantor, alat-alat produksi, pabrik, tanah.
  2. Aktiva Tetap Tidak Berwujud merupakan aktiva tetap yang tidak memiliki bentuk fisik tetapi sangat besar manfaatnya bagi perusahaan. Contohnya adalah Hak Cipta, Hak Paten, Merk Dagang.
Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Aset
https://id.wikipedia.org/wiki/Aset_tetap
http://www.spengetahuan.com/2017/01/pengertian-aktiva-tetap-dan-karakteristiknya-lengkap.html

Website :
http://vpoint.id



No comments:

Post a Comment

MACAM-MACAM BENTUK NERACA AKUNTANSI

MACAM-MACAM BENTUK NERACA AKUNTANSI Kali ini kita akan membahas tentang neraca dalam akuntansi. Dalam suatu perusahaan pasti terdapat l...